Sunday, April 24, 2016

Mengenal Jas Pria dan Berbagai Jenisnya





Ajining rupo mergo songko busana. Anda tahu apa arti yang dimaksud kalimat tersebut? Kalimat tersebut merupakan sekedar pepatah bahasa Jawa yang artinya orang itu dilihat dari bagaimana cara dia berpakaian. Nah mengenai pakaian ini sendiri, kita akan membahasnya dalam artikel kali ini. Pakaian didesain untuk melindungi dan menutupi tubuh manusia dari panas dan dingin. Seiring perkembangannya, pakaian ada yang berbentuk jas pria, cardigan wanita, hijab, long dress, kaos oblong dan masih banyak lagi yang lainnya. Pakaianpun sering didesain untuk menghadiri acara-acara tertentu. Seperti halnya kondangan, biasanya orang-orang lebih memakai suka pakaian yang rapi. Nah mengenai pakaian yang rapi ini tentunya ada banyak macamnya kan?

Pakaian rapi biasanya dipakai pada acara formal seperti kondangan, pengangkatan jabatan, reuni dan masih banyak lagi lainnya. Untuk itu para pendesain pakaian tentunya juga mendesain pakaian-pakaian yang memang dikhususkan untuk acara tersebut. Dalam hal berpakaian antara laki-laki dan perempuan itu sangatlah berbeda. Biasanya kalau acara formal perempuan lebih suka memakai long dress sedangkan laki-laki biasanya memakai jas. Tetapi disini nanti kita tidak akan membahas semuanya. Kita hanya membahas mengenai pakaian formal buat pria. Pembahasan akan difokuskan pada jas pria, apa itu jas dan bagaimana jenis-jenis dari jas tersebut?

Jas pria merupakan salah satu outfit yang dikenakan oleh para pria dalam menghadiri beberapa acara formal seperti ke pesta pernikahan (kondangan) ataupun pengangkatan jabatan. Namun tahukah Anda bahwa pada jaman dahulu memang jas selalu diidentikkan dengan acara-acara formal saja namun dengan perkembangan jaman yang ada, jas mulai menjadi sebuah fashion pria. Jas tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang sedang dalam acara resmi saja melainkan juga bisa dikenakan saat acara santai. Jika pria menggunakan sebuah jas, maka kesan yang didapatkan adalah pria itu tampak maco, gagah, elegant dan menarik. Berbeda dengan blezzer yang lebih casual dan bisa dipasangkan dengan berbagai bahan, jas ini tidak bisa dipasangkan dengan denim ataupun jeans. Bahasan ini masih kurang bukan? Jika Anda sudah mengetahui tentang jas, maka sebaiknya Anda juga perlu tahu beberapa jenis jas pria yang sangat terkenal di dunia fashion. Beberapa jenis jas pria bisa Anda cek di http://busana-pria.com.

Untuk jas pertama ada jenis jas pria dengan model English Style. Seperti apa itu bentuk jasnya? Jas ini merupakan salah satu jas yang sering disebut jas tradisional Inggris. Awal populer di abad ke 19 dan orang yang mempopulerkan adalah Savile row di London. Ciri utama dari jas ini adalah di bentuk kancingnya. Kancing pada jas ini cenderung lebih rendah bila disbanding model jas lainnya. Sedangkan untuk bagian belakangnya, model jas English ini ada dua ventilasinya. Bahannya pun jauh lebih berat daripada jas lainnya, untuk perpaduan dengan jas ini biasanya celana yang harus dikenakan oleh pria adalah celana yang lancip.

Kedua, adalah jas untuk pria dengan model Italian Style. Jas model ini bisa dikatakan lebih trendy bila dibandingkan dengan jas yang lainnya. Potongan jas inipun jauh lebih slim dibandingkan yang lainnya. Jas pria model Italia ini bahannya jauh lebih ringan sehingga nyaman dipakai. Untuk ventilasi jas ini sama dengan model English style yang dimana terdapat 2 ventilasi di belakang.  Yang ketiga ada jas American Style. Sama dengan model English style, model jas ini sangat populer di abad ke 19.

No comments:

Post a Comment